RAKYAT.NEWS, Jakarta – Dalam rangka kampanye Gerakan Nasional Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan Workshop Literasi Digital secara daring pada Selasa, 18 Maret 2023 dengan topik “Meningkatkan Pendapatan Keluarga Melalui Aplikasi Digital”

Berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital Nasional Indonesia yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center pada tahun 2021 disebutkan bahwa Indonesia masih berada dalam kategori “sedang” dengan angka 3.49 dari 5,00.

Dalam merespon hal tersebut, Kemenkominfo menyelenggarakan “Workshop Literasi Digital” dengan tagline yaitu Makin Cakap Digital 2023 dengan Kelompok Masyarakat dan Komunitas Sumatera.

Dalam webinar pertama terkait cara meningkatkan pendapatan keluarga melalui aplikasi digital, Ari Ujianto menjelaskan penerapan prinsip-prinsip dalam menggunakan media sosial agar ruang digital kita bisa sehat dan memberi manfaat bagi banyak kalangan.

Kita juga perlu menerapkan prinsip-prinsip dalam menggunakan media sosial agar ruang digital kita bisa sehat dan memberi manfaat bagi banyak kalangan.” jelasnya.

Ketua Pokdarwis Desa Potorono Miasbhacul Munir mengatakan UMKM atau WIrausahaan harus beradaptasi untuk menggunakan sistem atomatis atau digital.

“UMKM dan Wirausahawan sudah saatnya beradaptasi dengan sistem otomatis atau digital, mulai dari riset, produksi, pemasaran hingga distribusi.” katanya.

Terakhir, Yusuf Mars Owner Padasuka TV mengatakan Jangan cepat percaya terhadap orang baru dikenal di dunai maya. Jangan tergiur iming-dengan janji-janji manis. Cek dulu kebenaran, cari tahu informasi yang sebanyak-banyaknya.

“Jangan cepat percaya terhadap orang baru dikenal di dunai maya. Jangan tergiur iming-dengan janji-janji manis. Cek dulu kebenaran, cari tahu informasi yang sebanyak-banyaknya. Rahasiakan data pribadi Anda kepada orang yang tidak Anda kenal.” katanya.