RAKYAT.NEWS, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan Workshop Literasi Digital secara daring pada Senin, 18 Maret 2023 dengan topik “Ayo Manfaatkan Ruang Digital Sebagai Sarana Menyampaikan Kebaikan”.

Dalam merespon hal tersebut, Kemenkominfo menyelenggarakan “Workshop Literasi Digital” dengan tagline yaitu Makin Cakap Digital 2023 dengan Kelompok Masyarakat dan Komunitas Sumatera.

Dewan pengarah GNLD Siberkreasi Novi Kurnia mengatakan ada 10 Kompetensi Japelidi dalam Bijak Bermedia Sosial
Pastikan informasi digital, identitas digital dan rekam jejak digital dijaga dengan baik.

“ada 10 Kompetensi Japelidi dalam Bijak Bermedia Sosial Pastikan informasi digital, identitas digital dan rekam jejak digital dijaga dengan baik.” katanya.

Krisno Wibowo meminta dalam pemaparan materinya untuk jadikan ruang-ruang digital sebagai sarana pembentukan karakter dan sosial.

“Jadikan ruang-ruang digital sebagai sarana pembentukan karakter, integritas, penajaman solidaritas sosial, penularan kebajikan, melalui etika berinternet.” jelasnya.

Terakhir, Trisno Sakti Herwanto mengatakan dunia digital adalah dunia untuk berinteraksi sebagai ruang yang berbudaya.

“Mari mengisinya dan menjadikannya sebagai ruang yang berbudaya, tempat kita belajar dan berinteraksi, tempat anak-anak kita bertumbuhkembang, sekaligus tempat di mana kita sebagai bangsa, hadir dengan bermartabat.” katanya.

Data Literasi Digital

Perlu diketahui, Berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital Nasional Indonesia yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center pada tahun 2021 disebutkan bahwa Indonesia masih berada dalam kategori “sedang” dengan angka 3.49 dari 5,00.

Maka dari itu, Workshop Literasi Digital ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi.