RAKYAT.NEWS, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan Workshop Literasi Digital secara daring pada Selasa, 21 Maret 2023 dengan topik “Pemanfaat Marketplace Untuk Usaha Online”.

Dalam merespon hal tersebut, Kemenkominfo menyelenggarakan “Workshop Literasi Digital” dengan tagline yaitu Makin Cakap Digital 2023 dengan Kelompok Masyarakat dan Komunitas Sumatera.

Dalam pemanfaat marketplace, Bambang Subandrijo mengatakan Bisnis Online dengan Marketplace merupakan kenicayaan yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Bisnis Online dengan Marketplace merupakan kenicayaan yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.” katanya.

Dia juga menjelaskan tentang harus memahami dengan baik manajemen-statregi bisnis online.

Kita harus memahami dengan baik manajemen-statregi bisnis online.” katanya.

Ibnu Novel Hafidz menjelaskan tentang marketplace yang merupakan pihak perantara yang mengakomodasi pihak penjual dan pihak pembeli di dalam dunia maya. Marketplace layaknya pihak ketiga dalam transaksi online dengan menyediakan fitur penjualan serta fasilitas pembayaran yang aman. 

Marketplace merupakan pihak perantara yang mengakomodasi pihak penjual dan pihak pembeli di dalam dunia maya. Marketplace layaknya pihak ketiga dalam transaksi online dengan menyediakan fitur penjualan serta fasilitas pembayaran yang aman.” katanya.

Muhammad Dzaki mengatakan Internet adalah anugerah, tetapi bisa menjadi bencana manakala teknologi “hanya bisa mengendalikan kita” manusia, tanpa jiwa-jiwa yang beretika

“Internet adalah anugerah, tetapi bisa menjadi bencana manakala teknologi “hanya bisa mengendalikan kita” manusia, tanpa jiwa-jiwa yang beretika.” katanya.

Data Literasi Digital

Perlu diketahui, Berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital Nasional Indonesia yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center pada tahun 2021 disebutkan bahwa Indonesia masih berada dalam kategori “sedang” dengan angka 3.45 dari 5,00.