RAKYAT.NEWS, Jakarta – Dalam rangka kampanye Gerakan Nasional Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan Workshop Literasi Digital secara daring pada Selasa, 28 Maret 2023 dengan topik “Yuuk Ciptakan Dunia Digital Yang Positif”

Berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital Nasional Indonesia yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center pada tahun 2021 disebutkan bahwa Indonesia masih berada dalam kategori “sedang” dengan angka 3.54 dari 5,00.

Dalam merespon hal tersebut, Kemenkominfo menyelenggarakan “Workshop Literasi Digital” dengan tagline yaitu Makin Cakap Digital 2023 dengan Kelompok Masyarakat dan Komunitas Sumatera.

Daru Wibowo Dosen Universitas Bina Nusantara mengatakan walaupun online didalam dunia digital harus mempunyai etika.

“Walau pun online harus beretika dan memahami aturan platform mulai dari keterbatasan bahasa hingga karakter audience.” katanya.

Lintang Ratri Rahmiaji Dosen Komunikasi Universitas Diponegoro mengatakan dunia digital kita boleh mengkritik tetapi tidak boleh hatespeech.

“Kita boleh kritik tetapi jangan hatespeech, gunakan prisip etika komunikasi antar persona yang baik, jika ingin mengkritik pastikan anda sertakan bukti yang sah.” katanya.

Terakhir, ada Heru Prasetia yang mengatakan dalam dunia digital Kita diharapkan mampu menyeleksi dan memverifikasi informasi yang didapatkan serta menggunakannya untuk kebaikan diri dan sesama.

“dalam dunia digital Kita diharapkan mampu menyeleksi dan memverifikasi informasi yang didapatkan serta menggunakannya untuk kebaikan diri dan sesama.” ucapnya.

Untuk diketahui, Workshop Literasi Digital ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi.

Adapun informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dan info kegiatan dapat diakses melalui website literasidigital.id, media sosial Instagram @literasidigitalkominfo Facebook Page dan Kanal Youtube Literasi Digital Kominfo #MakinCakapDigital.