RAKYAT.NEWS, Jakarta – Dalam rangka kampanye Gerakan Nasional Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan Workshop Literasi Digital secara daring pada Jumat, 26 Mei 2023 dengan topik “Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Membantu Perekonomian Keluarga”

Berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital Nasional Indonesia yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center pada tahun 2021 disebutkan bahwa Indonesia masih berada dalam kategori “sedang” dengan angka 3.46 dari 5,00.

Dalam merespon hal tersebut, Kemenkominfo menyelenggarakan “Workshop Literasi Digital” dengan tagline yaitu Makin Cakap Digital 2023 dengan Kelompok Masyarakat dan Komunitas Sumatera.

Digital Desaigner Djaka Dwiandi menjelaskan tentang keunggulan dari aplikasi percakapan dan aplikasi media sosial.

Oleh karena itu, untuk melakukan penjualan alangkah baiknya untuk mengetahui preferensi pelanggan serta berinteraksi dengan pelanggang.

“Untuk mengikatkan penjualan baiknya kita sebagai penjual untuk mengetahui pasar-pasar apa saja yang sedang ramai dan jangan lupa untuk berinteraksi dengan pelanggan melalui aplikasi percakapan ataupun aplikasi media sosial,” katanya.

Selanjutnya, Harapan Lumban Gaol mengatakan dalam era digital saat ini kita bisa memasarkan produk jualan kita melalui Youtube, Facebook , Tiktok Maupun Instagran.

“Pada digital saat ini kita bisa memasarkan produk jualan kita melalui Youtube, Facebook , Tiktok Maupun Instagran.” Katanya.

Selain pada Sosial Media, Harapan juga menekankan untuk selalu memanfaatkan situs online Marketplace. Dimana Marketplace ini situs web pihak ketiga yang menyediakan kategori produk dari beberapa penjual.

“Selain Sosial Media, Coba untuk manfaatkan Marketplace untuk meningkatkan penjualan seperti, Shopee, Tokopedia, Lazada dan masih banyak lagi.”katanya.

Terakhir, Tommy Widiyanto meminta kepada masyarakat untuk menjadi warga digital positif dan aman harus smart.