RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Dalam rangka kampanye Gerakan Nasional Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan Workshop Literasi Digital secara daring pada Rabu, 31 Mei 2023 dengan topik “Mengoptimalkan Ekonomi Masyarakat Melalui Teknologi Digital”

Berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital Nasional Indonesia yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center pada tahun 2021 disebutkan bahwa Indonesia masih berada dalam kategori “sedang” dengan angka 3.46 dari 5,00.

Bevaola Kusumasari menjelaskan bagaimana aplikasi digital dapat meningkatkan penghasilan keluarga. ia mengatakan untuk meningkatkan penghasilan keluarga dengan cara mememanfaatkan bisnis online.

“Aplikasi digital telah menciptakan berbagai peluang bisnis yang dapat diakses oleh masyarakat. Dengan memanfaatkan aplikasi digital, individu dapat menjalankan bisnis dengan biaya yang lebih rendah dan menjangkau pasar yang lebih luas.” katanya.

Harapan Lumban Gaol mengatakan Teknologi Digital adalah kunci Pemulihan Ekonomi dan Pemberdayaan.

“Teknologi Digital adalah kunci Pemulihan Ekonomi dan Pemberdayaan. Dengan kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital, maka Pemberdaayaan masyarakat akan mendorong pertumbuhan ekonomi menjadi lebih baik.” katanya.

Selain itu, Dewan Etik UNU Yogyakarta Muhammad Mustafid menyampaikan tentang keamanan di dunia digital. kata dia tidak ada yang aman 100% di dunia digital, yang bisa kita lakukan adalah mengurangi risikonya sedapat mungkin.

“Tidak ada yang aman 100% di dunia digital, yang bisa kita lakukan adalah mengurangi risikonya sedapat mungkin Keamanan berbanding terbalik dengan kemudahan, sedikit ribet dan waspada akan membuat kita lebih aman di dunia digital.” katanya.

Untuk diketahui, Workshop Literasi Digital ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi. Adapun informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dan info kegiatan dapat diakses melalui website literasidigital.id, media sosial Instagram @literasidigitalkominfo Facebook Page dan Kanal Youtube Literasi Digital Kominfo #MakinCakapDigital.