RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Dalam waktu kurang dari sebulan, Apple kemungkinan akhirnya akan memperkenalkan iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max terbaru pada acara iPhone tahunan mereka bulan depan.

Apple telah memberikan petunjuk mengenai kecerdasan AI yang mungkin akan hadir di telepon pintar terbaru mereka, yang berbeda dari iOS 17 yang diperkenalkan pada Konferensi Pengembang Seluruh Dunia (WWDC) bulan Juni lalu.

Kemungkinan alat baru yang didukung oleh Apple Intelligence ini akan menghadirkan kemampuan pembelajaran mesin untuk menghubungkan aplikasi di ponsel sehingga bisa saling berinteraksi, meningkatkan kecerdasan Siri, namun hal ini mungkin baru akan hadir setelah peluncuran iOS 18.1 pada bulan Oktober.

Dikutip dari independent.co.uk, iPhone 16 diyakini akan memiliki tujuh pilihan warna, termasuk putih dan ungu yang baru ditambahkan selain warna kuning, biru, hijau, hitam, dan merah muda yang sudah ada pada iPhone 15.

Perihal tanggal rilis, Apple cenderung meluncurkan produk iPhone baru mereka pada hari Selasa atau Rabu dalam dua minggu pertama bulan September.

Berdasarkan pola peluncuran sebelumnya, diperkirakan iPhone 16 akan diumumkan pada tanggal 2 atau 3 September atau 13 atau 14 September, dengan tanggal peluncuran resmi pada hari Jumat di minggu yang sama atau seminggu setelahnya.

Bagaimana dengan harga? Meskipun belum ada informasi pasti mengenai harga iPhone 16, namun sejumlah spekulasi muncul dengan mengatakan bahwa kemungkinan harga akan mengalami kenaikan seperti yang terjadi pada model sebelumnya.

Namun, dalam situasi di mana biaya produksi meningkat, Apple kemungkinan akan menahan diri untuk tidak menaikkan harga agar tetap bersaing dan menanggung biaya produksi tambahan tersebut.