RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Western Digital (WD) perkenalkan kartu Secure Digital (SD) terbaru dengan kapasitas 4 Terabyte (TB), yakni SanDisk Extreme PRO SDUC UHS-1. Perusahaan teknologi tersebut klaim penyimpanan tersebut merupakan yang pertama di dunia.

WD belum begitu secara gamblang membeberkan spesifikasi teknis dari keluaran barunya itu. Meski begitu, beberapa fiturnya di atas kertas bisa diketahui.

Menurut situs teknologi AnandTech, penamaan “UHS-1” mengacu pada antarmuka Ultra High Speed-1 yang menawarkan kecepatan transfer data maksimum 104 MB/detik.

Mengacu penamaannya pula, SDUC berarti Secure Digital Ultra Capacity, yaitu sebuah standar penyimpanan yang secara teori mampu menampung sampai 128 TB.

Mengutip Kompas.com, SanDisk Extreme PRO SDUC UHS-1 ditujukan untuk pengguna laptop dan kamera. Nah, dengan dukungan kecepatan itu, para fotografer bisa memindah data lebih cepat.

Selain itu, kartu SD itu juga akan mendukung pengambilan gambar dalam mode burst, yaitu teknik pengambilan banyak gambar sekaligus dengan cepat. Mode ini biasanya memerlukan kartu SD yang cepat pula.

SanDisk Extreme PRO SDUC UHS-1 juga mendukung Video Speed Class V30, sehingga bisa mendukung kecepatan tulis (write speed) 30 MB/detik. Dengan dukungan itu, kartu SD ini bisa dipakai untuk merekam video berkualitas 8K.

AnandTech juga mengatakan bahwa kartu SD ini kemungkinan mendukung mode DDR200/DDR208, sehingga kecepatannya bisa melampui kecepatan yang ditawarkan UHS-1.

SanDisk Extreme PRO SDUC UHS-1 mungkin menawarkan kecepatan sampai 170 MB/detik sebagaimana kartu SD SanDisk lainnya, yakni Extreme Pro SDXC 1TB. Boleh jadi WD memasang fitur lain yang membuat produk barunya punya kecepatan transfer data lebih tinggi.

WD belum mengungkap lebih lanjut soal produk barunya itu. Rencananya, SanDisk Extreme PRO SDUC UHS-1 bakal dirilis resmi pada tahun depan dan dipamerkan dalam ajang pameran teknologi, media dan hiburan, National Association of Broadcasters (NAB) 2024 pada 14-17 April di Las Vegas.