MAKASSAR – Privasi dan Android adalah dua hal yang tidak bekerja bersama secara alami. Sebagian besar keuntungan Google masih berasal dari bisnis periklanan berbasis data, yang sangat bergantung pada informasi pengguna, terutama pengguna Android.

Baca Juga : Comeback Is Real! Los Galacticos ke Final Usai Cukur Man City 3-1

Namun, perusahaan telah memasukkan berbagai fitur keamanan dan privasi ke dalam perangkat lunak untuk memberi pengguna kontrol lebih besar atas kapan dan bagaimana raksasa pencarian tersebut menggunakan data terkait Android.

Menyetel PIN atau kode sandi alfanumerik mungkin merupakan langkah awal yang baik untuk mengamankan perangkat Anda. Selain itu, pastika untuk selalu memperbarui ponsel cerdas Anda dengan patch keamanan dan lindungi akun Google Anda dengan autentikasi dua faktor, sehingga data Anda tetap aman dari peretas.

Selain trik ini, ada trik lain yang mungkin belum Anda ketahui yang dapat melindungi smartphone Android Anda dari kebocoran data rahasia. Pahami kiat-kiat di bawah ini.

1. Copot pemasangan aplikasi yang tidak digunakan.

Anda mungkin tidak dapat menggunakan semua aplikasi yang diinstal pada ponsel cerdas Anda. Anda tidak hanya dapat mengosongkan ruang penyimpanan, tetapi menghapus aplikasi yang tidak digunakan juga meningkatkan keamanan perangkat Anda. Ini karena aplikasi ini berjalan di latar belakang dan dapat mengumpulkan serta membagikan informasi pribadi bahkan saat tidak digunakan.

2. Periksa Izin Aplikasi

Setelah menyingkirkan aplikasi yang tidak digunakan, saatnya untuk meninjau izin aplikasi yang ada di smartphone. Untuk melakukannya, buka pengaturan, Privasi dan keamanan, lalu buka menu Permissions Manager. Di halaman ini, Anda dapat memilih untuk tidak mengizinkan aplikasi mengakses data tertentu di ponsel cerdas Anda.