JAKARTA — Telegram tampaknya mencari sumber pendapatan baru. Di versi 8.7.2 aplikasi iOS, pengguna Telegram Beta menemukan layanan berlangganan premium. Paket berlangganan aplikasi, harga, dan tanggal rilis belum diungkapkan oleh aplikasi ini.

Dilansir dari laporan XDA Developer, berlangganan Telegram Premium memberi pengguna akses ke stiker premium dan emoji reaksi.

Baca Juga : Terbitkan Telegram, Polri Tindak Tegas Anggota yang Lakukan Kekerasan Berlebihan

Pengguna yang memiliki akses ke Telegram TestFlight build dan Test Server saat ini memiliki akses ke fitur premium. Menurut Android Authority, non-pelanggan yang memilih stiker dan reaksi ini akan diminta untuk meningkatkan ke tingkat premium.

Telegram belum mengungkapkan paket berlangganan, harga, atau tanggal rilis. Fitur yang saat ini hanya tersedia di iOS, akan segera tersedia untuk pengguna Android.

Menurut XDA Developer, opsi berlangganan mirip dengan penawaran berbayar Discord, dimana menampilkan emoji animasi yang dipesan lebih dahulu dan lebih banyak personalisasi.

Pencipta Telegram Pavel Durov menyatakan pada akhir tahun 2020, bahwa platform tersebut ingin menghasilkan lebih banyak pendapatan pada tahun-tahun berikutnya. Telegram diharapkan dapat mengembangkan cara untuk menghasilkan uang.