GOWA – Mungkin semua orang sudah mengetahui mengenai aplikasi tiktok yang merupakan sebuah jaringan sosial platform video musik Tiongkok yang diluncurkan pada September 2016 oleh Zhang Timing. Dimana aplikasi tiktok membolehkan para pemakai untuk membuat video musik pendek mereka sendiri. Namun tak bisa dipungkiri, aplikasi ini memiliki dampak positif maupun negatif bagi penggunanya, Kamis (26/5/2022).

Baca juga: Wujudkan Makassar Metaverse, Danny Minta Aktifkan Sosial Media

Sekarang ini, aplikasi tiktok menjadi trending terkhususnya bagi kaum milenial. Aplikasi tiktok sangat populer hingga dapat bersaing dengan media sosial lainnya seperti YouTube, Facebook, Instagram, Twitter, dan lain-lain. Penggunaan aplikasi ini pun tentunya dapat menyebabkan kecanduan bagi penggunanya.

Tiktok sangat digemari oleh kaum milenial. Mereka lebih tertarik menghabiskan waktunya bermain tiktok dibandingkan fokus untuk menggunakan waktunya belajar atau melatih skill terhadap bidang yang diminati.

Salah seorang Mahasiswi jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menanggapi mengenai dampak tiktok bagi kaum milenial sekarang ini. Menurutnya, aplikasi tiktok dapat memberikan pengaruh negatif maupun pengaruh yang positif.

“Berbicara mengenai aplikasi tiktok kita tahu bahwa aplikasi media sosial. Yang pasti kalau berbicara mengenai media sosial, kita akan mendapat 2 dampak negatif dan positif. Saya melihat tiktok itu media sosial pribadi, yang mana kita bisa mendapatkan dampak positif bagi penggunanya,” ucapnya.

Ia menambahkan, dampak yang ditimbulkan oleh penggunaan tiktok lebih banyak ke arah negatif disebabkan tren yang kurang mendidik.

“Tiktok mampu membawa pengaruh yang cukup besar bagi milenial sekarang ini. Kita dapat melihat bahwa sekarang ini kebanyakan memang di arah negatifnya dari pada positifnya. Kalo mengenai apakah tiktok membawa pengaruh baik atau buruk, kita dapat kembali lagi kepada orang yang menggunakan akun tiktok ini. Contohnya banyak akun-akun dari tiktok yang memang mengajarkan tentang inspirasi hidup yang menurut saya sendiri itu positif, tetapi ada juga memang tren-tren yang menurut saya negatif,” tambahnya.