Anggota parlemen, Alex Agius Saliba menyampaikan rasa bangga bahwa segala alat teknologi termasuk navigasi portabel juga diikutsertakan.

“Kami bangga bahwa laptop, e-reader, earbud, keyboard, mouse komputer, dan perangkat navigasi portabel juga disertakan,” kata Alex.

Kebijakan satu port pengisian daya dengan USB-C juga disebut dapat menjadi pendorong penjualan Apple pada 2024. Sebab bakal lebih banyak orang Eropa membeli gadget terbaru daripada yang tanpa USB-C.

Analis CFRA Reaserch, Angelo Zino mengatakan kebijakan satu port pengisian daya di Uni Eropa juga bisa membuat konsumen untuk membeli ponsel baru lebih cepat. Bloomberg melaporkan Apple sudah mengerjakan iPhone dengan port pengisian USB-C yang bisa debut tahun depan.

“Konsumen yang ada masih bisa menggunakan kabel Lightning, tapi mungkin akan ada lebih sedikit pembelian produk lama di platform pihak ketiga,” kata Parlemen Uni Eropa.

Di sisi lain, Jitesh Ubrani, Manager Riset IDC mengungkapkan larangan penjualan ponsel model lama berisiko mengecewakan banyak konsumen dan pemerintah akan memaksa konsumen untuk mengeluarkan uang lebih banyak.

Sebelumnya Apple juga telah memperingatkan bahwa keinginan tersebut akan merusak inovasi dan menciptakan tumpukan limbah elektronik.

Baca Juga : Cepat! Intip Teknologi 5G di Formula E Jakarta E-Prix 2022