RAKYAT.NEWS, Jakarta – Dalam rangka kampanye Gerakan Nasional Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan Workshop Literasi Digital secara daring pada Rabu, 29 Maret 2023 dengan topik “Tips Membuat Konten Belajar yang Menarik”

Berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital Nasional Indonesia yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center pada tahun 2021 disebutkan bahwa Indonesia masih berada dalam kategori “sedang” dengan angka 3.54 dari 5,00.

Dalam merespon hal tersebut, Kemenkominfo menyelenggarakan “Workshop Literasi Digital” dengan tagline yaitu Makin Cakap Digital 2023 dengan Kelompok Masyarakat dan Komunitas Sumatera.

Lestari Nurhajati memberikan solusi untuk terhadap tantangan dalam dunia digital, dia mengatakan belajar lah dengan hati yang ikhlas.

“Solusi untuk menghadapi tantangan dengan belajar dengan hati yang iklas, agar dalam kegiatan belajar menjadi menyenangkan.” katanya.

Muhammad Mustafid mengatakan mampu mengoptimalkan penggunaan perangkat digital utamanya perangkat lunak sebagai fitur proteksi dari serangan siber.

“Setiap kita diharapkan bisa mengoptimalkan penggunaan perangkat digital utamanya perangkat lunak sebagai fitur proteksi dari serangan siber.” katanya.

Yusuf Mars meminta untuk Jangan cepat percaya terhadap orang baru dikenal di dunai maya dan jangan tergiur iming-dengan janji-janji manis.

“Jangan cepat percaya terhadap orang baru dikenal di dunai maya. Jangan tergiur iming-dengan janji-janji manis. Cek dulu kebenaran, cari tahu informasi yang sebanyak-banyaknya. Rahasiakan data pribadi Anda kepada orang yang tidak Anda kenal.” ucapnya.

Untuk diketahui, Workshop Literasi Digital ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi.