RAKYAT.NEWS, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan Workshop Literasi Digital secara daring pada Jumat, 5 April 2023 dengan topik “Inovasi Digital Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat”.

Dalam merespon hal tersebut, Kemenkominfo menyelenggarakan “Workshop Literasi Digital” dengan tagline yaitu Makin Cakap Digital 2023 dengan Kelompok Masyarakat dan Komunitas Sumatera.

Trisno Sakti Herwanto mengatakan dalam bercakap digital mampu mengetahui, memahami, dan menggunakan perangkat keras dan lunak dalam lanskap digital, mesin pencarian informasi, aplikasi percakapan dan media sosial, serta aplikasi dompet digital, lokapasar, dan transaksi digital.

“Individu yang cakap bermedia digital dinilai mampu mengetahui, memahami, dan menggunakan perangkat keras dan lunak dalam lanskap digital, mesin pencarian informasi, aplikasi percakapan dan media sosial, serta aplikasi dompet digital, lokapasar, dan transaksi digital.” katanya.

Ivo Nilasari menjelaskan tentang paham Nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika di Ruang Digital merupakan Kecakapan/kompetensi yang mengacu pada kemampuan individu untuk mengakses, mengeksplorasi serta mengelaborasi.

“Paham Nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika di Ruang Digital merupakan Kecakapan/kompetensi yang mengacu pada kemampuan individu untuk mengakses, mengeksplorasi, mengelaborasi, menyeleksi informasi terkait Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika sehingga pada akhirnya mampu menginterpretasikan konsep nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika dan pengaplikasiannya dalam ruang digital dengan tepat.” jelasnya.

Aina Masrurin mengajak kepada masyarakan atau komunitas untuk selalu berpikir kritis, tidak mudah percaya dengan semua yang kita dapat di internet.

“Kita harus selalu berpikir kritis, tidak mudah percaya dengan semua yang kita dapat di internet.” katanya.

Menurutnya. dalam dunia internet tidak ada yang aman 100 persen dan kita bisa mengurangi risiko sekecil mungkin