RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan Workshop Literasi Digital secara daring pada Sabtu, 26 Agustus 2023 dengan topik “Paham Literasi Digital Untuk Menjadi Generasi Yang Cerdas Berbudaya dan Mandiri”.

Dalam merespon hal tersebut, Kemenkominfo menyelenggarakan “Workshop Literasi Digital” dengan tagline yaitu Makin Cakap Digital 2023 dengan Kelompok Masyarakat dan Komunitas Sumatera.

Aditya M Biomed mengatakan Digitalisasi Budaya dapat menjadi peluang untuk mewujudkan kreativitas dan mendokumentasikan kekayaan budaya.

Jatidiri kita dalam ruang budaya digital tak berbeda dengan budaya non digital, Digitalisasi Budaya memungkinkan kita mendokumentasikan kekayaan budaya, Digitalisasi Budaya dapat menjadi peluang untuk mewujudkan kreativitas.” katanya.

Selain itu, Aditya juga menjelaskan tentang ragam hak digital dengan salah satunya hak untuk ber expresi.

“hak untuk mengekspresikan secara bebas keyakinan dan pendapat melalui kata-kata (secara lisan), tertulis, cetakan, gambar-gambar dan cara-cara tertentu.” katanya.

Rifki Indrawan mengatakan dunia digital kita boleh mengkritik tetapi tidak boleh hatespeech.

“Kita boleh kritik tetapi jangan hatespeech, gunakan prisip etika komunikasi antar persona yang baik, jika ingin mengkritik pastikan anda sertakan bukti yang sah.” katanya.

Terakhir, ada Fathurrahman Kurniawan Ikhsan yang mengatakan dalam dunia digital Kita diharapkan mampu menyeleksi dan memverifikasi informasi yang didapatkan serta menggunakannya untuk kebaikan diri dan sesama.

“dalam dunia digital Kita diharapkan mampu menyeleksi dan memverifikasi informasi yang didapatkan serta menggunakannya untuk kebaikan diri dan sesama.” ucapnya.

Data Literasi Digital

Perlu diketahui, Berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital Nasional Indonesia yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center pada tahun 2021 disebutkan bahwa Indonesia masih berada dalam kategori “sedang” dengan angka 3.54 dari 5,00.