RAKYAT.NEWS, GOWA – PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar) hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama di kawasan Wisata Kota Bunga Malino, Kabupaten Gowa.

General Manager PLN Unit UID Sulselrabar, Moch Andy Adchaminoerdin menjelaskan SPKLU yang terletak di PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Malino tersebut memiliki kapasitas daya 7,7 kiloWatt (kW) dan siap beroperasi melayani kendaraan listrik yang ingin mengisi daya.

“Bagi masyarakat yang ingin ke Malino menggunakan kendaraan listrik kini tidak perlu khawatir lagi, silahkan melakukan pengisian daya di SPKLU Malino,” ungkap Andy.

Ia optimistis, hadirnya SPKLU di kawasan Wisata Kota Bunga Malino ini dapat mendukung wisata ramah lingkungan dengan kendaraan bebas polusi. Selain juga sekaligus mempercepat ekosistem kendaraan listrik di kawasan wisata Kota Bunga Malino, Kabupaten Gowa.

Apalagi kata Andy, persentase Energi Baru Terbarukan (EBT) di sistem kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan sudah mencapai 41,6 persen.

Sebelumnya, Andy telah menyebutkan bahwa akan ada penambahan 4 SPKLU lagi selama 2023, yakni di Makassar, Malino, Rantepao dan Malili. Sebelum adanya SPKLU di Malini, terdapat tujuh SPKLU di wilayah kerja PLN UID Sulselrabar yakni PLN ULP Mattoanging, PLN UP3 Makassar Selatan, Kantor Gubernur Sulawesi Selatan di Kota Makassar, PLN UP3 Parepare di Kota Parepare, PLN ULP Palopo di Kota Palopo, PLN ULP Kolaka di Kabupaten Kolaka dan PLN ULP Wuawua, di Kota Kendari.

“Target dalam wilayah kerja PLN UID Sulselrabar akan ada 11 SPKLU yang terintegrasi di jalan transSulawesi sampai akhir tahun 2023,” ujar Andy.

Penambahan SPKLU ini bukan tanpa alasan, PLN mencatat secara total sudah ada 3.333 pelanggan Electrifying Agriculture dengan total daya 186.923 kiloVolt Ampere (kVA) di lingkup kerja PLN UID Sulselrabar. Oleh karena itu, PLN juga memudahkan masyarakat mengecek lokasi SPKLU melalui aplikasi PLN Mobile.