RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan menyelenggarakan festival “Literasi Digital 2023 pada hari Kamis, 31 Agutus 2023.

Acara tersebut di meriahkan oleh Sanggar Tari Tapis Berseri dan Eqhis Band serta di hadiri oleh beberapa pejabat serta pembicara untuk motivator dalam memeriahkan festival “Literasi Digital 2023”

Terdapat 2 sesi dalam diskusi yang membahas tentang Literasi Digital, pada sesi pertama Baruna Wisnu, Ia mengatakan Dunia digital itu bagaikan pisau bermata dua.

“Mengapa demikian? Jika menggunakannya untuk hal yang positif, timbal balik yang kamu dapatkan akan baik. Kamu bisa memanfaatkannya untuk belajar, bersosialisasi dengan publik, membangun jejaring, hingga mengembangkan bisnis. Sebaliknya, dunia digital juga bisa melukai penggunanya jika digunakan secara berlebihan dan ditujukan untuk kepentingan negatif.” katanya.

Lanjut ia juga menuturkan bahwa Etika digital ditawarkan sebagai pedoman menggunakan berbagai platform digital secara sadar, tanggung jawab, berintegritas.

Etika digital ditawarkan sebagai pedoman menggunakan berbagai platform digital secara sadar, tanggung jawab, berintegritas, dan menjunjung nilai-nilai kebajikan antar insan dalam menghadirkan diri, kemudian berinteraksi, berpartisipasi, bertransaksi, dan berkolaborasi dengan menggunakan media digital.” tuturnya.

Ketua MPW Pemuda Pancasila Provinsi Lampung Rycko Menoza menambahkan Peran pemuda dalam menyebarkan nilai-nilai Pancasila di ruang digital.

“Peran pemuda dalam menyebarkan nilai-nilai Pancasila di ruang digital juga memiliki tantangan terutama perbedaan pandangan dari generasi sebelumnya. Fluktuasi berita dan pandangan yang tidak selalu sesuai dengan nilai-nilai kita dapat menjadi cobaan. Namun, saya percaya bahwa dengan komitmen yang kuat, pengetahuan yang mendalam, dan etika yang kokoh, pemuda dapat menghadapi tantangan ini dengan bijaksana dan bisa bersinergi dengan generasi sebelum dan sesudahnya.” katanya.