RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan Workshop Literasi Digital secara daring pada Sabtu, 2 September 2023 dengan topik “Bijak Berinterasi di Media Sosial”.

Dalam merespon hal tersebut, Kemenkominfo menyelenggarakan “Workshop Literasi Digital” dengan tagline yaitu Makin Cakap Digital 2023 dengan Kelompok Masyarakat dan Komunitas Sumatera.

Zahid Asmara  menuturkan Kreatif dan produktif di era digital merupakan kemampuan dalam mengembangkan ide-ide atau mengemukakan gagasan di era digital yang memiliki peluang besar untuk diambil manfaatnya.

Seperti, pengembangan bisnis atau kesejahteraan hidup yang dapat memberikan solusi dalam permasalahan hidup sehari-hari.

“Generasi saat ini harus bisa menyesuaikan perkembangan digital tersebut. Dalam dunia digital, kreativitas merupakan sebuah keterampilan yang harus dimiliki oleh generasi muda agar dapat bersaing di era yang sangat kompetitif ini,” jelasnya.

Anggraini Hermana mengungkapkan salah satu keuntungan go digital adalah peningkatan eksistensi produk di dunia maya atau digital untuk diketahui lebih banyak orang.

Kemudian, peningkatan pendapatan dengan jangkauan semakin luas dan peluang yang semakin terbuka lebar. Serta, pengembangan skill dengan adaptasi produk, terakhir saluran pemasaran yang melengkapi bisnis offline.

“Dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pemanfaatan teknologi menyasar pada pelaku ekonomi kreatif karena hasil survei yang dilakukan masih menunjukkan minimnya literasi digital dan pemanfaatan teknologi digital atau adaptasi teknologi di beberapa tempat wisata dan pelaku ekonomi kreatif,” tuturnya.

Djaka Dwiandi Purmaningtijasa mengatakan bahwa perkembangan teknologi di masa sekarang sangat mengubah perilaku masyarakat. Berbagai lapisan masyarakat dapat dengan mudah mengekspresikan apa yang dialami dengan memanfaatkan fasilitas internet.

“Banyak contoh yang sukses dengan produktif melalui internet. Contohnya menjadi selebgram, Online shop, menjadi YouTuber, menjadi Blogger, Freelancer, hingga menjadi tutor online,” katanya.