RAKYAT.NEWS, JAKARTA – iPhone 15 akan rilis pada Rabu, 13 September dini hari waktu Indonesia dengan sejumlah hal baru yang akan hadir dalam seri ponsel terbaru dari Apple tersebut.

Ponsel terbaru Apple ini akan meluncur dalam acara bertajuk ‘Wonderlust’ yang digelar secara langsung dari Apple Park di Cupertino, California, AS. Peluncuran iPhone 15 itu berbarengan dengan Apple Watch baru dan pelbagai seri gadget lainnya yang akan berlangsung pada Selasa, 12 September pukul 1 PM ET atau Rabu, 13 September, pukul 00.00 WIB.

Dalam beberapa waktu terakhir, sudah mulai menyeruak bocoran-bocoran fitur baru iPhone 15. Mengutip dari CNNIndonesia.com, berikut rangkuman bocoran fitur baru iPhone 15 yang bakal meluncur besok:

USB type C

iPhone mengganti USB-Lightning ke USB-C. Ini merupakan rumor yang sudah lama bergulir dan apabila iPhone 15 benar diganti, berarti rumor tersebut akhirnya terwujud.

Menurut Bloomberg, hanya model iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max yang akan menerima port USB-C tahun ini. Mungkin transisi total bisa terjadi tahun depan dengan iPhone 16.

Fitur Dynamic Island

Fitur Dynamic Island pertama kali diperkenalkan pada iPhone 14 Pro dan Pro Max, yang menggantikan “notch” pada seri-seri sebelumnya. Untuk seri iPhone 15 fitur ini diduga akan diaplikasikan ke seluruh model.

Kamera 48 megapixel

Mengutip Macrumors, Analis Apple Ming-Chi Kuo yakin iPhone 15 dan iPhone 15 Plus akan mengadopsi kamera 48 megapixel, teknologi yang diperkenalkan Apple di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Desain sensor bertumpuk baru memungkinkan lensa menangkap lebih banyak cahaya untuk meningkatkan kinerja kamera dalam kondisi cahaya rendah. Analis Jeff Pu juga mengatakan model standar iPhone 15 mendatang akan menggunakan lensa 48 megapixel