RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Sejumlah layanan Google seperti akun Gmail, YouTube, dan Google Drive yang tidak lagi aktif akan dihapus mulai hari ini, Jumat (1/12).

Menurut Google, akun yang tidak aktif berarti “akun yang tidak digunakan dalam jangka waktu 2 tahun.” Login ini bisa berupa akses ke Gmail, akun YouTube, dan layanan-layanan lain dari raksasa teknologi AS itu.

“Produk-produk Google berhak menghapus data Anda bila akun Anda tidak dipakai pada produk-produk tersebut dalam jangka waktu 2 tahun,” demikian pernyataan Google di blognya, dikutip dari CNNIndonesia.com.

“1 Desember 2023 adalah waktu paling awal penghapusan Akun Google imbas kebijakan ini,” lanjutnya.

Penghapusan itu juga berlaku terhadap data yang ada di dalamnya.

“Google berhak menghapus Akun Google yang tidak aktif beserta aktivitas dan datanya jika Anda tidak aktif di Google selama minimal dua tahun,” menurut perusahaan.

Google pun mengungkap definisi ‘aktif’ dalam penggunaan akun, yakni:

– Membaca atau mengirim email.

– Menggunakan Google Drive.

– Menonton video YouTube.

– Berbagi foto.

– Mengunduh (download) aplikasi.

– Menggunakan Google Search.

– Menggunakan Masuk dengan Google untuk masuk ke aplikasi atau layanan pihak ketiga.

Google menyebut aktivitas itu terkait dengan akun, bukan dengan perangkat seperti Hp. Sehingga pengguna dapat melakukan sederet aktivitas tersebut dengan perangkat apapun, baik ponsel maupun PC.

Jika pengguna memiliki lebih dari satu akun Google, sangat disarankan untuk melakukan aktivitas dengan tiap akun agar akun tersebut tidak dihapus oleh Google.

Walau begitu, sebelum menghapus akun, Google akan memberi peringatan kepada pengguna Anda.

Bentuknya, “mengirim pemberitahuan email ke Akun Google Anda, mengirim pemberitahuan ke email pemulihan Anda, jika ada.”