RAKYAT.NEWS, TEKNO – 2023 baru saja dimulai, tetapi sudah ada banyak rumor, laporan, dan bocoran tentang ponsel baru yang diperkirakan akan bersaing sepanjang tahun 2023.

Samsung dan OnePlus akan menjadi salah satu yang pertama meluncurkan perangkat baru. Samsung diperkirakan akan mengumumkan Galaxy S23 pada 1 Februari, sementara OnePlus 11 5G akan diluncurkan secara global pada 7 Februari.

Meskipun sulit memprediksi dengan tepat apa yang dimiliki smartphone industri untuk tahun 2023, dimungkinkan untuk membuat beberapa tebakan yang tepat, karena banyak perusahaan tetap berpegang pada rutinitas peluncuran yang sama setiap tahun. Misalnya, jajaran iPhone 15 diperkirakan akan tiba pada bulan September, mungkin dengan mengisi USB-C untuk pertama kalinya. Galaxy S23 Ultra dapat memiliki sensor kamera 200MP baru dari Samsung.

Peluncuran ini akan datang setelah smartphone mengambil langkah maju yang halus namun penting pada tahun 2022. Misalnya, iPhone 14 mendapat konektivitas satelit untuk keadaan darurat dan kecelakaan mobil, sementara Google menemukan lebih banyak cara untuk memanfaatkan chip kustom Tensor di Pixel 7 Pro dan. Samsung, sementara itu, telah meningkatkan jajaran Galaxy Sandal tampilan baru dan kamera yang ditingkatkan.

Berikut adalah ponsel baru yang kemungkinan besar akan kita lihat pada tahun 2023, berdasarkan siklus peluncuran, rumor, dan laporan sebelumnya.

iPhone 15

Apa yang diharapkan: Keluarga iPhone baru Apple biasanya diluncurkan pada bulan September, dan kami tidak memiliki alasan untuk percaya bahwa tahun 2023 akan berbeda. Adopsi pengisian daya USB-C adalah salah satu perubahan terbesar yang kami harapkan akan terlihat pada iPhone generasi berikutnya dari Apple.

Uni Eropa baru-baru ini mengamanatkan bahwa semua ponsel baru yang dijual di kawasan ini harus mendukung pengisian daya USB-C pada tahun 2024. Belum dikonfirmasi apakah iPhone USB-C akan mendapatkan versi universal, atau apakah itu akan tetap hanya model Eropa.

Jika tidak, kita mungkin akan melihat perubahan rutin seperti beberapa peningkatan kamera dan prosesor baru. Analis TF International Securities Ming-Chi Kuo, yang dikenal karena membuat prediksi yang sangat akurat tentang produk Apple yang akan datang, men-tweet bahwa Apple mungkin berbuat lebih banyak untuk membedakan iPhone 15 Pro dari iPhone 15 biasa.

Kami telah mengambil langkah ke arah itu dengan iPhone 14 dengan mempertahankan fitur-fitur seperti Dynamic Island dan prosesor A16 Bionic baru yang eksklusif untuk lini Pro. Namun yang lebih menarik, menurut Kuo, adalah gagasan bahwa Apple dapat membedakan iPhone 15 Pro Max yang lebih besar dari iPhone 15 Pro yang lebih kecil.

Perbedaan utama antara Pro dan Pro Max biasa adalah ukuran layarnya. Memberi Pro Max beberapa fasilitas tambahan dapat meyakinkan pembeli untuk membeli iPhone terbesar (dan termahal) dari Apple. Mark Gurman dari Bloomberg juga percaya bahwa Apple dapat mengubah nama iPhone Pro Max menjadi iPhone Ultra di masa mendatang agar lebih selaras dengan produk lain seperti Apple Watch Ultra.

Perpindahan iPhone yang telah lama ditunggu-tunggu ke USB-C bisa dibilang alasan terbesar untuk bersemangat tentang smartphone Apple berikutnya. Peralihan ini berarti pengguna iPhone akhirnya dapat mengisi daya iPhone, iPad, dan Mac mereka dengan jenis kabel pengisi daya yang sama, sehingga mengurangi gesekan dan membuat iPhone lebih nyaman. Kami juga senang melihat apakah Apple membedakan iPhone 15 Pro Max dari iPhone 15 Pro. Saya telah berdebat bahwa Apple harus memberi iPhone raksasa lebih banyak fitur yang memanfaatkan layar yang lebih besar, seperti iPad.

OnePlus 11 5G

Situs Cina OnePlus memberi kita gambaran sekilas tentang apa yang diharapkan ketika OnePlus 11 diluncurkan secara global pada bulan Februari.

Apa yang kami nantikan: OnePlus 11 5G sudah tersedia di Cina, tetapi ponsel baru akan diluncurkan di seluruh dunia pada 7 Februari. Berdasarkan apa yang kami pelajari dari OnePlus China, ponsel baru ini akan menampilkan layar OLED 6,7 inci dengan kecepatan refresh 120Hz, prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2, dan pengisian cepat 100W. Ini adalah peningkatan dari pengisian cepat 80W OnePlus yang diperkenalkan pada perangkat tahun lalu, tetapi sayangnya kecepatannya terbatas pada 65W untuk model AS.

OnePlus 11 5G juga memiliki kamera utama 50MP, kamera ultra lebar 48MP, dan kamera telefoto 32MP. Ini cocok dengan spesifikasi sebelumnya oleh pembocor terkenal Steve Hammerstoft yang diposting di blogGadgetGang.

Mengapa saya senang: Untuk perusahaan yang dijuluki “Pembunuh Unggulan”, harga OnePlus mendekati harga yang coba dikurangi oleh pesaing dalam beberapa tahun terakhir. Namun, OnePlus masih terkenal dengan penjualan perangkat terjangkau yang menyertakan sejumlah fitur canggih seperti pengisian daya super cepat.

OnePlus 10 Pro nyaris menjadi pesaing hebat bagi iPhone. Rekan saya Andrew Lanxon menulis saat meninjau perangkat. Namun, batasan yang sedikit mengecewakan seperti kamera dan kurangnya pengisian daya 80W di AS mencegahnya menjadi sebesar mungkin. Mari berharap OnePlus dapat mengatasi kritik ini di perangkat generasi berikutnya.

Jajaran Samsung Galaxy S23

Jajaran Samsung Galaxy S22.

Apa yang kami harapkan: Menurut rumor, Samsung Galaxy S23 dapat membawa peningkatan penting ke dua area yang secara tradisional menjadi fokus raksasa teknologi Korea: kamera dan desain.

Rumor Galaxy S23 Ultra mungkin menyertakan kamera utama 200MP Pada pertengahan Januari, Samsung memicu spekulasi lebih lanjut bahwa itu akan menuju ke Galaxy S23 Ultra dengan mengumumkan sensor gambar baru yang mampu menangkap gambar 200MP, yang tampaknya merupakan lompatan besar dari sensor 108MP utama Galaxy S22 Ultra. di kertas.

Samsung juga dapat memberikan Galaxy S23 dan S23 Plus biasa desain yang dimodifikasi mendekati model Ultra. Gambar milik leaker tepercaya Hemmerstoffersuggest menunjukkan bahwa Samsung akan menghapus tonjolan kamera dari S23 dan S23 Plus dan menggantinya dengan lensa menonjol yang ditemukan di Galaxy S22 Ultra. Gambar dipublikasikan di blog teknologi Digit dan Smartprix bekerja sama dengan Hemmerstoffer.

Kami tidak tahu persis apa yang diharapkan dalam hal kinerja, tetapi Samsung biasanya mengemas chip seluler terbaru Qualcomm ke dalam versi baru ponselnya yang diluncurkan di AS dan beberapa pasar lain. Itu berarti kita cenderung melihat Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 di ponsel Samsung Galaxy mendatang. Chip baru ini menawarkan efisiensi daya yang lebih baik, ray tracing untuk meningkatkan estetika dalam game seluler, kecerdasan buatan yang diperbarui untuk membedakan pengguna dengan lebih baik di latar belakang Zoom, dan banyak lagi. Analis Kuo percaya bahwa Samsung dapat membuang prosesor Exynosnya sendiri dan hanya mengandalkan Qualcomm di Galaxy S23.

Mengapa saya sangat senang: Kamera smartphone sudah sangat canggih, saya bertanya-tanya apakah sensor 200MP benar-benar membuat perbedaan yang berarti. Apa pun itu, akan menarik untuk melihat bagaimana Samsung mengembangkan pengalaman kamera di jajaran S23-nya, mengingat meningkatnya persaingan dari seri Google Pixel dalam beberapa tahun terakhir. Saya juga mendukung perubahan desain Galaxy S23 dan S23 Plus agar lebih mirip dengan Galaxy S23 Ultra. Berdasarkan render, terlihat rapi dan ramping dibandingkan dengan kamera Galaxy S22.

Google Piksel 7A

Ponsel Cerdas Google Pixel 6A.

Diharapkan: Jika Google tetap dengan tradisi, kita dapat melihat versi Pixel 7 yang lebih murah yang dikenal sebagai Pixel 7A di musim semi atau musim panas. Rumor tentang Pixel 7A jarang terjadi saat ini. Namun, pengembang Kuba Wojciechowski mengklaim telah menemukan detail di basis data Android yang mungkin terkait dengan Pixel 7A, menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan.

Menurut temuan Wojciechowski, Pixel 7A dapat memiliki kecepatan refresh 90Hz dan pengisian daya nirkabel yang lebih tinggi. Ini adalah dua fitur yang tidak dimiliki Pixel 6A. Render yang bocor dari Hemmerstoffer, sekali lagi diposting di Smartprix, menunjukkan bahwa Pixel 7A akan memiliki desain yang sangat mirip dengan pendahulunya.

Pixel 7A juga dapat menampilkan prosesor Tensor G2 yang sama yang menggerakkan Pixel 7 dan 7 Pro, dan pengaturan kamera yang menyertakan sensor lebar dan ultra lebar. Itu, tentu saja, jika Pixel 7A mengikuti jejak yang sama dengan Pixel 6A.

Ponsel Google Pixel seri-A mengesankan dari perspektif nilai. Itulah mengapa Pixel 6A memenangkan Penghargaan Pilihan Editor CNET dan merupakan ponsel Android paling populer di bawah $500. Jika Google dapat mempertahankan label harga $ 449 yang sama sambil memperbaiki beberapa kekurangan Pixel 6A, itu akan menjadikannya pesaing yang tangguh bagi Samsung di pasar ponsel murah.

Jajaran Google Pixel 8.

Apa yang diharapkan: Pixel 7 dan 7 Pro Google belum dirilis hingga setelah pertengahan Oktober 2022, tetapi rumor tentang keluarga Pixel 8 sudah mulai muncul. kode tersedia. Hasilnya adalah kedua perangkat ini diberi nama kode “Shiba ” dan “Husky ” dan diberi nama kode “Zuma “, menunjukkan bahwa ini ditenagai oleh prosesor baru. Menurut WinFuture, kode tersebut juga menunjukkan bahwa kedua perangkat ini akan berjalan di Android 14 dan menyertakan RAM 12GB.

Mengapa saya senang: Saya belum bersemangat, karena belum ada banyak rumor tentang Pixel 8 dan 8 Pro yang diharapkan. Tapi yang paling menarik bagi saya adalah fitur-fitur baru yang akan dibawa oleh chip Google generasi berikutnya ke ponsel masa depan. Chip Tensor Google saat ini telah mengaktifkan fitur yang terasa praktis dan berguna dalam kehidupan sehari-hari, seperti Magic Eraser, Face Unblur untuk meningkatkan kualitas gambar, dan kemampuan menambahkan label speaker ke teks di aplikasi Sound Recorder. Ini membuat Google bersemangat tentang apa yang dapat dilakukannya selanjutnya.

Samsung Galaxy A54 5G

Ponsel Samsung Galaxy A53 5G.

Apa yang diharapkan: Samsung mungkin terkenal dengan perangkat Galaxy S-nya, tetapi jika Anda berbelanja dengan anggaran terbatas, ponsel seri Galaxy A patut dipertimbangkan. Angsuran berikutnya dalam seri ini diharapkan diberi nama Galaxy A54 5G setelah peluncuran Galaxy A53 5G musim semi lalu.

Berdasarkan beberapa bocoran yang mengemuka sejauh ini, Galaxy A54 5G akan mengalami sedikit peningkatan dibandingkan A53 5G. Diharapkan menampilkan layar 6,4 inci dan tiga kamera belakang, sedikit lebih kecil dari layar A53 6,5 inci. Ini menurut leaker Hemmerstoffer, yang membagikan render untuk memamerkan desain Galaxy A54 5G dengan blog teknologi 91Mobiles. Menurut laporan dari situs teknologi Belanda Galaxy Club, A54 5G mungkin memiliki baterai yang sedikit lebih besar dari pendahulunya.

Why I’m Excited: Ketika saya menguji Galaxy A53 5G sekitar peluncuran, saya pikir harganya jauh lebih mahal daripada yang sebenarnya. Itu tidak sempurna, tetapi Samsung menawarkan paket harga yang komprehensif dengan Galaxy A53 5G. Semoga kesuksesan seri Google Pixel A akan memotivasi Samsung untuk meningkatkan permainan ponsel murahnya.

Samsung Galaxy Z Flip 5

Samsung Galaxy Z Flip 4.

Apa yang kami harapkan: Ponsel lipat masih baru bagi kebanyakan orang, tetapi Samsung Galaxy Z Fold akan menjadi generasi kelima pada tahun 2023. Kerutan kurang terlihat, menurut outlet berita Korea The Elec. Laporan itu tidak mengatakan dengan pasti bahwa Z Fold 5 akan memiliki peningkatan ini, tetapi Samsung mengatakan itu sebagai hambatan yang perlu diatasi untuk membuat ponsel lipat lebih populer.

Jika tidak, kita dapat mengharapkan peningkatan rutin pada kamera dan prosesor Galaxy Z Fold 5. Samsung juga menambahkan beberapa fitur multitasking baru ke Z Fold 4 tahun ini. Saat layar dilipat menjadi dua, trackpad kecil. . Jadi kemungkinan kita juga akan melihat peningkatan perangkat lunak lain di masa mendatang.

Samsung biasanya merilis ponsel lipat baru pada bulan Agustus, yang berarti kemungkinan besar kita akan melihat Z Fold berikutnya sekitar waktu itu.

Why I’m Excited: Galaxy Z Fold 5 membutuhkan lebih dari sekadar S Pen untuk menghadirkan ponsel lipat ke arus utama. Tetapi menjadikan S Pen sebagai bagian yang lebih besar dari pengalaman bisa sangat membantu dalam menentukan identitas Z Fold dan mengapa itu ada. Samsung mempromosikan Z Fold 5 sebagai perangkat yang berfokus pada produktivitas, sehingga memiliki S Pen bawaan terasa seperti langkah alami. Galaxy Z Fold 4 dan Z Fold 3 kompatibel dengan S Pen, tetapi harus dibeli secara terpisah.

Samsung Galaxy Z Fold 5

Apa yang kami nantikan: Menurut Ross Young, salah satu pendiri dan CEO Konsultan Rantai Pasokan Display, ponsel lipat Samsung berikutnya dapat menampilkan layar sampul yang lebih besar dan lipatan yang tidak terlalu terlihat. Ross baru-baru ini mentweet bahwa Z Flip 5 akan memiliki layar penutup 3 inci dan desain engsel baru yang akan membuat lipatan lebih halus. Itu lompatan besar dari layar penutup 1,9 inci Z Flip 4 saat ini. Seperti Z Fold 5, ada potensi prosesor baru serta peningkatan kualitas kamera dan perangkat lunak secara keseluruhan.

Mengapa saya senang: Membuat layar sampul sedikit lebih besar akan menyelesaikan salah satu kelemahan terbesar Z Flip. Seperti yang ditulis rekan saya Patrick Holland dalam ulasannya tentang Z Flip 4, layar penutup adalah area terbesar yang dapat dilakukan Samsung lebih banyak lagi. Kami juga berharap ini memiliki masa pakai baterai yang lebih lama daripada Z Flip 5, mengingat ponsel lipat Samsung adalah area lain yang dapat ditingkatkan.

Sepertinya beberapa peningkatan terbesar yang akan kita lihat di smartphone baru pada tahun 2023 berkaitan dengan peningkatan baterai dan pengisian daya, serta peningkatan kamera dan desain. Tentu saja, kita akan tahu lebih banyak sepanjang tahun karena lebih banyak laporan dan rumor bermunculan dan Samsung, OnePlus, Apple, dan Google mengungkap perangkat mereka.