MAKASSAR – Apple resmi mengumumkan versi terbaru iOS 16 pada acara World Wide Developers Conference (WWDC) 2022, yang digelar Senin (6/6/2022) pukul 00.00 WIB.

Baca Juga : 8 Fitur Baru iOS 16 Apple

Sebagai pengikut sistem operasi mobile iOS 15, iOS 16 telah diperkenalkan oleh Apple dengan berbagai fitur baru. Di antaranya, seperti kemampuan mengubah jenis huruf (font) dan menambahkan widget ke layar kunci.

Dengan iOS 16, pengguna iPhone dapat menggunakan fitur live teks untuk melihat teks dalam video, serta mengedit dan menghapus pesan yang sudah terkirim di iMessages.

Aplikasi iMessages juga akan dilengkapi dengan tombol pintas pesan telah dibaca. Seperti namanya, fitur ini mampu mengubah status pesan yang belum dibaca menjadi sudah terbaca.

Berbagai fitur lain yang tersedia di iOS 16 antara lain kemampuan untuk menambahkan informasi pribadi ke Apple Wallet, fitur resmi Apple Pay Later, rute baru ke Apple Maps, dan masih banyak lagi.

Sementara fitur baru di iPadOS 16 termasuk peningkatan kinerja serta aplikasi Mail, pembaruan fitur keamanan pada Safari, dan banyak lagi.

Apple telah mengkonfirmasi bahwa dukungan untuk iOS 16 hanya akan tersedia di perangkat iPhone 8 atau yang lebih baru.  Dengan kata lain, iOS terbaru ini tidak akan diuji pada iPhone dengan chipset Apple A9 dan A10.

Berdasarkan informasi tersebut, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone SE, iPod Touch generasi ketujuh dipastikan tidak akan mendapatkan update iOS 16.

Untuk informasi lebih lanjut, berikut adalah daftar iPhone yang dapat memperbarui iOS 16.

Daftar iPhone dapat memperbarui iOS 16

iPhone 8
iPhone 8 Plus
iPhone X
iPhone XR
iPhone XS
iPhone XS Max
iPhone 11
iPhone 11 Pro
iPhone 11 Pro Max
iPhone 12
iPhone 12 Mini
iPhone 12 Pro
iPhone 12 Pro Max
iPhone 13
iPhone 13 Mini
iPhone 13 Pro
iPhone 13 Pro Max
IPhone SE (generasi kedua dan ketiga)

Versi terbaru iOS 16 diperkirakan akan resmi dirilis pada musim gugur 2022, atau sekitar bulan September hingga Oktober.