JAKARTA – Menurut hasil survei yang bertajuk Social Media Habit and Internet Safety dari Populix pertanggal 30 Maret 2022 untuk peringatan Hari Media Sosial Indonesia pada 10 Juni mendatang, Youtube saat ini menduduki peringkat teratas.

Baca Juga : Juni Tonglo Pimpin Rombongan Studi Lapangan Pelayanan Publik PKP

Studi tersebut dilakukan secara online lewat aplikasi Populix terhadap 1.023 responden laki-laki dan perempuan yang berusia 18-55 tahun di Negara Indonesia dengan mayoritas responden terdiri dari anak muda yang masih belum menikah, sudah bekerja, dan berasal dari SES menengah ke atas.

“Survei ini menunjukkan bahwa 87 persen responden mengakses media sosial dalam satu bulan terakhir. YouTube (94 persen) dan Instagram (93 persen) menempati posisi sebagai dua platform media sosial yang paling banyak digunakan responden, disusul TikTok (63 persen), Facebook (59 persen) dan Twitter (54 persen),” menurut survei tersebut dilansir dari CNN Indonesia.

Hasil penelitian juga menyebut jika hampir seluruh responden atau sebanyak 79 persen menggunakan media sosial untuk menikmati waktu luang dan mencari informasi atau berita terbaru. Selain itu, media sosial juga digunakan untuk berinteraksi dengan teman sebanyak 26 persen, networking sebanyak 49 persen dan berbelanja 47 persen.

Sementara itu, terdapat lima jenis konten yang paling banyak dicari di media sosial. Sebanyak 22 persen responden mencari konten hiburan, 14 persen mencari musik, 12 persen film, 12 persen berita dan sisanya 10 persen kuliner.

Media sosial sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat. Biasanya media sosial digunakan untuk mengisi waktu luang, mencari informasi terbaru, hingga berbelanja.

Masyarakat Indonesia biasanya menggunakan media sosial selama satu hingga empat jam setiap harinya. Lewat durasi tersebut, masyarakat Indonesia juga tak jarang dihadapkan pada tantangan dan pengalaman negatif di ranah online.