Rika Iffatih Farihah memperkaya pembahasan mengenai tips Aman Bermedia Digital. Menurutnya, Tidak ada yang aman 100% di dunia digital, yang bisa kita lakukan adalah mengurangi risikonya sedapat mungkin.

Tidak ada yang aman 100% di dunia digital, yang bisa kita lakukan adalah mengurangi risikonya sedapat mungkin,” Katanya.

Kedua, Keamanan berbanding terbalik dengan kemudahan, sedikit ribet dan waspada akan membuat kita lebih aman di dunia digital

Ketiga, Rika mengingatkan selalu berfikir kritis dalam bermedia sosial.

“Selalu berpikir kritis, tidak mudah percaya dengan semua yang kita dapat di internet.” tutupnya.

Melengkapi pembahasan webinar hari ini, Zulfan Arif selaku Content Writer membahas Hidup Pintar di Dunia Digital. Menurutnya, ada empat yang melatarbelakangi kita harus memahami dan pintar di Dunia Digital.

“Ada empat yang melatarbelakangi kita harus pintar di dunia digital, harus Optimalisasi Teknologi dengan baik, memahami hak-hak digital, Berpikir Kritis dan Tidak Bergantung pada Teknologi, Bijak dan tidak terburu-buru,” ucapnya.

Zulfan mengatakan Dunia Digital adalah dunia kita sekarang ini. Hidup pintar di tengah dunia digital harus dimulai dari diri sendiri.

“Dunia Digital adalah dunia kita sekarang ini. Hidup pintar di tengah dunia digital harus dimulai dari diri sendiri. Perkembangan teknologi yang semakin cepat harus diimbangi dengan kemauan belajar dan beradaptasi tinggi dengan tetap mempertimbangkan etika dan nilai-nilai kemanusiaan.” tutupnya.

Untuk diketahui, Workshop Literasi Digital ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi. Adapun informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dan info kegiatan dapat diakses melalui website info.literasidigital.id, media sosial Instagram @literasidigitalkominfo Facebook Page dan Kanal Youtube Literasi Digital Kominfo. (Riko)