Desa yang mandiri, demokratis, terus mengembangkan diri dan responsif terhadap perkembangan teknologi dengan menggunakan  kemampuan dan potensi yang dimiliki .” katanya

Menurutnya, untuk menjadi Smart Living dengan Nilai Pancasila harus Mengedepankan nilai cinta kasih & menghargai perbedaan kepercayaan.

“Untuk Smart Living dengan nilai Pancasila  harus mengedepankan nilai cinta kasih & menghargai perbedaan kepercayaan, memperlakukan orang lain dengan adil & manusiawi dan tidak memecah belah masyarakat.” katanya.

Pada sesi terakhit, Tommy Widiyatno memberikan hasil riset untuk Smart Tourism di Indonesa terkait kota yang paling banyak di cari tempat wisatanya pada tahun 2018 hingga 2020.

“Berdasarkan riset atau pantauan saya untuk kota yang banyak di kunjungi ada, Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Bali, dan Jawa Timut.”. Katanya.

Untuk diketahui, Workshop Literasi Digital ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi. Adapun informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dan info kegiatan dapat diakses melalui website literasidigital.id, media sosial Instagram @literasidigitalkominfo Facebook Page dan Kanal Youtube Literasi Digital Kominfo #MakinCakapDigital.